Posted by : Unknown Minggu, 04 Desember 2011


Modem ZTE MF636 dilengkapi slot Micro SD, tipe lain mungkin memiliki karakter yang sama. Ketika usb modem tersebut ditancapkan maka oleh ubuntu yang pertamakali dikenali adalah sebagai removable drive bukan sebagai modem.
Sebagian pengguna tidak menyadari hal tersebut sehingga merasa kesulitan untuk terhubung ke internet, menganggap bahwa linux ubuntu tidak mengenali modem tersebut. Ketika mengadakan penelusuran di internet ada yang membuat koneksi internet dengan cara yang tampak rumit lewat perintah-perintah “aneh” sehingga membuat frustasi pengguna linux pemula.
Pada linux ubuntu 9.10 Karmic Koala (dan mestinya berlaku untuk versi yang lebih baru) koneksi internet dengan modem ZTE MF636 dapat dilakukan dengan sangat mudah. Untuk mengubahnya menjadi modem lakukan langkah berikut:

jalankan ubuntu> pasang modem> Sorot ikon modem yang muncul pada desktop> klik kanan mouse> klik Eject> maka ikon modem akan menghilang dari desktop, saat itulah modem ZTE MF636 berfungsi sebagai modem yang sebenarnya.
Langkah selanjutnya adalah membuat pengaturan/setting koneksi internet:
klik System di kiri atas layar> Preferences> Network Connections> akan muncul jendela baru klik Mobile Broadband> Add> pada jendela yang muncul klik Forward> pilih negara Indonesia, klik Forward> pilih provider yang digunakan, jika tidak tercantum maka tandai pada “I can’t find my provide and I wish to enter it manually”:
(misalnya menggunakan kartu three 3)
provider: Three
klik Forward
Selected plan APN (Access Point Name): 3data
klik Forward> Apply > tandai pada Connect automatically > untuk Username dan Password bisa dikosongkan, Apply> jika setting berhasil ikon antena di kanan atas layar diklik akan muncul tulisan “Three connection” tinggal diklik untuk Connect atau Disconnect, sekarang siap meluncur…

Leave a Reply

pambaca yang baik selalu meninggalkan komentar yang membangun

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Hatsune Miku - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by (thanks to) Johanes Djogan -